shape
Home
>
Tips & Hack
>
Cara Merebus Pasta
Cara Merebus Pasta
Cara Merebus Pasta

Gunakan panci besar dan air banyak
Untuk mendapatkan hasil sajian pasta yang prima, kuncinya ada pada ketepatan saat merebus pasta. Pastikan Anda menggunakan panci berukuran besar, sebab pasta butuh ruang untuk bergerak saat direbus. Air rebusan yang digunakan juga harus banyak agar pasta matang sempurna. Sebagai patokan, untuk merebus 450 gram pasta kering dibutuhkan air sebanyak 3,5 liter. Hindari memasak pasta dengan jenis atau ukuran berbeda di dalam panci yang sama karena waktu matangnya berbeda.
 
Aduk saat merebus
Pastikan tinggi air perebus terisi 2/3 dari tinggi panci, agar air tak meluap saat merebus pasta. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan pasta sekaligus. Aduk sesekali agar pasta tidak saling menempel.
 
Tambahkan garam

Agar cita rasa pasta lebih gurih, tambahkan sedikit garam saat merebus pasta. Anda tak perlu menambahkan minyak goreng dengan tujuan agar pasta tak lengket, karena ini membuat saus sulit menempel pada pasta yang sudah matang.
 
Al dente
Istilah al dente selalu muncul saat memasak pasta. Al dente atau to the tooth berarti pasta yang matang sedang, tidak lembek tapi juga tidak keras. Matangnya menyeluruh, namun masih terasa kenyal saat tergigit. Tes kematangan pasta dengan cara ambil pasta yang sedang direbus, lalu gigit dan rasakan teksturnya.
 
Sisihkan air perebusnya
Setelah pasta matang al dente, segera angkat, dan saring dalam baskom peniris. Jangan lupa sisihkan sebagian air perebusnya. Air rebusan pasta bisa dimanfaatkan sebagai pengental saus, rasanya pun gurih. Kembali pasta rebus ke dalam panci, tutup, agar pasta tetap hangat hingga saat disajikan.